9 Manfaat Jagung(zea mays) untuk kesehatan

9 Manfaat Jagung(zea mays) untuk kesehatan
Gambar pohon jagung
Seklias tentang jagung

Pernahkah anda makan jagung bakar? Tentu enak sekali rasanya. Ya apa lagi dinikmati di sore atau di malam hari dalam suasana udara dingin.

Jagung yang mempunyai nama latin zea mays ini termasuk tanaman berumpun, tegak, tinggi lebih kurang 1,5 meter. Batang bulat, massif, tidak bercabang, warna kuning atau jingga.

Daun tunggal, berpelapah, bulat panjang, ujung runcing, tetapi rata, panjang 35 sampai 100 cm, lebar 3 sampai 12 cm, warna hijau. 

Bunga majemuk, berumah satu, bunga jantan dan betina berbentuk bulir di ujung batang dan di ketiak daun, warna putih. 

Buah berbentuk tongkol, panjang 8 sampai 20 cm, warna hijau kekuningan.

Kandungan Yang Terdapat Pada Jagung
Kalori : 355Kalori
Protein : 9,2gr
Lemak : 3,9 gr
Karbohidrat : 73,7 gr
Kalsium : 10 mg
Fosfor : 256 mg
Ferrum : 2,4 mg
Vitamin A : 510 SI
Vitamin B1 : 0,38 mg
Air : 12 gr

Manfaat dan khasiatnya.
Selain rasa yang enak jagung juga mempunyai beberapa khasiat untuk pengobatan, bagian  yang dapat digunakan obat terletak pada rambut dan tongkol muda jagung yang bermanfaat untuk mengobati batu ginjal, batu empedu, darah tinggi, Melancarkan Air Seni, kencing manis , Melancarkan ASI , Luka Bekas Cacar air, Diare, Menghentikan kebiasaan mengompol pada anak dan masih banyak lagi manfaat jagung untuk kesehatan.

Cara penggunaannya adalah 
1. Batu ginjal 
Untuk  pengobatan batu gijal dengan cara  jagung muda 4 tongkol, rambut jagung 1 genggam, daun keji beling segar 8 helai. Cara pembuatan: semua bahan direbus dalam 110 ml air. Air rebusan diminum sehari sekali, selama 14 hari. Setelah batu keluar, baik berupa kerikil, butiran maupun buih, pengobatan harus segera dihentikan, kemudian diteruskan dengan minum jamu kumis kucing dan meniran. Caranya, ambil masing-masing 30 gr daun meniran dan daun kumis kucing, diseduh seperti teh.

2. Batu empedu.
Untuk mengobati batu empedu dapat dilakukan dengan cara: jagung muda 5 tongkol, herba kumis kucing segar 5 gram. Cara pembuatan: semua bahan direbus dengan 110 ml air. Air rebusan diminum sehari sekali, selama 14 hari.

untuk pengobatan darah tinggi dapat dilakukan dengan cara: jagung muda 5-7 tongkol, rambut Jagung 1 genggam. Cara pembuatan: semua bahan direbus dengan 110 ml air. Air rebusan diminum sehari sekali, selama 7 hari. 

4. Melancarkan Air Seni
Sebanyak 50 g rambut jagung segar dicuci, direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah.  Ramuan diminum 2x sehari.

5. Diabetes
Sebanyak 50g rambut jagung dicuci, direbus dengan 2 gelas air.  Air rebusan ini untuk diminum 2x sehari.

6. Melancarkan ASI
Beberapa biji jagung tua disangrai sampai meretak dan garing.  Makan sebagai kudapan, atau cukup jagung direbus saja.

7. Luka Bekas Cacar air
Sebanyak 10 buah jagung muda diparut lalu dibalurkan ke luka bekas cacar air.  Ulangi selama beberapa hari.

8. Diare
Tongkol jagung dicuci dan ditumbuk sampai halus.  Seduh dengan 1 gelas air.   Kemudian minum ramuan tersebut 2x sehari.

9. Menghentikan kebiasaan mengompol pada anak.
Menghentikan kebiasaan mengompol pada anak  dengan cara minum 1 cangkir teh rambut jagung sebelum tidur.

Yang harus Anda perhatikan, jangan terlalu banyak menggunakan rambut jagung sebagai obat, karena dapat menurunkan tekanan darah secara drastis dalam waktu singkat. 

Demikianlah khasiat jagung untuk obat dan mungkin masih banyak lagi khasita yang lainnya. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan pembaca blog wawasan insani.

Untuk Menambah wawasan anda silahkan kunjungi link berikut ini:

0 Response to "9 Manfaat Jagung(zea mays) untuk kesehatan"

Post a Comment