Penyakit Mata Katarak

Ciri ciri dan sebab terjadinya penyakit mata katarak
Gambar mata katarak dan sehat
Mata adalah panca indra yang paling pital dalam menjalani kehidupan, bila mata kita bermasalah segera periksakan ke dokter spesialis mata, salah satu penyakit mata yang sering kita dengar yaitu katarak.

Penyakit mata katarak adalah penyakit yang umumnya mengenai penduduk atau masyarakat usia lanjut. katarak salah satu penyebab kebutaan di dunia, cara mengetahui mata katarak adalah dengan cara melihat adanya kabut pada lensa mata yang normalnya transparan dan mengandung banyak air, sehingga cahaya dapat menembusnya dengan mudah. lensa mata yang berkabut akan menyebabkan cahaya dari luar tidak dapat diteruskan ke pusat penglihatan. sehingga bayangan suatu benda dapat di lihat.

Banyak faktor yang mempengaruhi resiko menderita penyakit mata katarak, diantaranya adalah tidak terpenuhinya kebutuhan gizi tubuh, paparan sinar matahari yang berlebih, penyakit diabetes millitus (kencing manis) dan ketuaan.

Apa penyebab Mata Katarak?
Sebagian besar (hampir 90%) penyakit mata katarak muncul di usia lanjut seiring dengan menurunnya penglihatan dan daya baca. Walaupun sebenarnya dapat diobati, katarak merupakan penyebab utama kebutaan di dunia.

Penderita katarak seringkali tidak menyadari telah mengalami gangguan katarak karena terjadinya yang perlahan-lahan sehingga penglihatan penderita terganggu secara berangsur-angsur. Daya penglihatan baru terpengaruh setelah katarak berkembang sekitar 3 - 5 tahun. Karena itu, pasien katarak biasanya menyadari penyakitnya setelah memasuki stadium kritis.

Gejala awal yang dirasakan oleh penderita adalah merasa gatal-gatal pada mata, air matanya mudah keluar, pada malam hari penglihatan terganggu dan tidak bisa menahan silau sinar matahari atau sinar lampu. Selanjutnya penderita akan melihat selaput seperti awan didepan penglihatannya. Awan yang menutupi lensa mata tersebut akhirnya semakin merapat dan menutup seluruh bagian mata. Bila sudah sampai tahap ini penderita akan kehilangan penglihatannya.

Secara umum terdapat 4(empat) jenis katarak seperti berikut:
  1. Conenital, merupakan katarak yang terjadi sejak bayi lahir dan berkembang pada tahun pertama dalam hidupnya. Jenis katarak ini sangat jarang terjadi.
  2. Traumatik, merupakan katarak yang terjadi karena kecelakaan pada mata.
  3. sekunder, katarak yang disebabkan oleh konsumsi obat seperti prednisone dan kortikosteroid, serta penderita diabetes.
  4. Katarak yang berkaitan dengan usia, merupakan jenis katarak yang paling umum. gejala umumnya silau jika terpapar siinar matahari dan sulit menghindari kendaraan di malam hari.
Pengobatan katarak saat ini berkembang dengan pesat, banyak metode oprasi dikembangkan seperti penanaman lensa mata buatan (intra ocular lens) dan oprasi laser, sehingga semakin lama tindakan oprasi katarak merupakan tindakan oprasi yang aman dan hasil yang cukup memuasakan.

Demikianlah seklias ulasan tentang penyakit mata katarak, semoga tulisan ini dapat menambah wawasan pembaca blog WI.

Untuk Menambah wawasan anda silahkan kunjungi link berikut ini:

0 Response to "Penyakit Mata Katarak"

Post a Comment